Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, December 11, 2010

Meningkatkan metabolisme anda


Proses metabolisme adalah proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktifitas. Apabila metabolisme tubuh kita lancar, maka pembakaran kalori dalam tubuh kita juga lancar. Namun, apabila proses metabolisme kita lambat, pembakaran kalori dalam tubuh kita juga lambat. Glukosa yang merupakan sumber kalori bila tidak terbakar akan berdampak negatif pada tubuh anda.
Karena metabolisme tubuh berkaitan erat dengan pembakaran kalori, maka sangat berpengaruh pada berat badan. Orang yang proses metobolisme dalam tubuhnya cepat, cenderung dapat terhindar dari kegemukan, karena proses pembakaran kalori yang masuk dalam tubuhnya juga cepat.
Oleh sebab itu, metabolisme tubuh sangat penting, tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.
Jika seseorang memiliki tubuh yang ideal, rasa percaya dirinya semakin besar. Berbeda dengan orang yang memiliki tubuh gemuk, mereka cenderung kurang percaya diri. Lalu timbul pertanyaan, mengapa metabolisme tubuh setiap orang bisa berbeda-beda satu sama lain?


Ada yang cepat dan ada yang lambat, apakah yang menjadi penyebab perbedaan tersebut?
Proses metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  1. Usia seseorang; kemampuan metabolisme pada usia tua cenderung lebih lambat dibandingkan usia muda,
  2. Jenis kelamin; metabolisme tubuh seorang wanita biasanya lebih lambat dibandingkan pria,
  3. Berat badan; orang dengan berat badan normal memiliki metabolisme lebih tinggi daripada orang yang kelebihan berat badan,
  4. Iklim,
  5. Asupan gizi,
  6. Tidur,
  7. Kondisi kesehatan,
  8. Hormon dan obat-obatan,
  9. Aktivitas seseorang.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, yaitu dengan berolah raga. Olah raga dapat membentuk otot yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Semakin banyak otot terbentuk, semakin cepat proses metabolisme.
Mengkonsumsi air putih yang cukup juga berguna untuk memperlancar proses metabolisme tubuh. Selain itu, kopi dan teh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Karena kafein yang terkandung di dalam kopi dan katekin yang terkandung di dalam teh dapat mendorong proses metabolisme dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment